Monday, March 21, 2016

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini dikarenakan kandungan gizi yang terdapat di dalamya yang baik untuk tubuh. Kacang hijau biasanya diolah menjadi berbagai menu bubur kacang hijau atau juga es kacang hijau. Bagi para vegetarian tentu saja kacang hijau banyak digemari berkat kandungan gizi yang lengkap. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa saja kandungan gizi dan manfaat dari kacang hijau, di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari kacang hijau yang bisa Anda ketahui!
Berikut manfaat dari Kacang Hijau untuk Kesehatan
Kaya akan Serat
Di dalam kacnag hijau mengandung kandungan serat yang cukup tinggi. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa kandungan serat baik untuk kesehatan pencernaan pada tubuh. Kandungan serat di dalam kacang hijau ini berkisar antara 9 persen di tiap 100 gramnya. Serat sendiri bertindak untuk membantu dalam melundungi selaput lendir pada usus besar. Manfaat ini sama seperti dari manfaat buah pepaya. Selain itu juga membantu dalam mengurangi waktu eksposur zat beracun dan juga membantu mengikat bahan kimia yang menjadi penyebab kanker di usus. Serat yang cukup juga diketahui terbukti dalam mengurangi kadar kolesteril di dalam darah.
Rendah akan Kalori
Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah rendah akan kalori. Di dalam kacang hijau seberat 100 gram terkandung sekitar 31 kalori dan juga 2,7 gram serat. Jika Anda ingin menjaga berat badan Anda atau juga ingin menurunkan berat badan, maka mengonsumsi kacang hijau dapat menjadi solusi Anda. Selain rendah akan kalori, kacang hijau juga mempunyai kandungan protein di dalamnya. Meski begitu kacang hijau yang memiliki rasa manis, akan tetapi hanya mengandung 3,26 gram gula alami di dalamnya. Dengan begitu membuat kacang hijau cukup baik dan aman bagi penderita diabetes asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsinua.
Kaya Akan Vitamin A
Manfaat kacang hijau berikutnya adalah kaya akan vitamin A. tak hanya rendah kalori, ternyata kacang hijau juga mengandung vitamin A di dalamnya. Vitamin A pada kacang hijau juga berperan sebagai antioksidan sehat diantaranya seperti polifenol, flavonoid, lutein, dan juga beta karoten layaknya seperti jambu biji. Senyawa tersebut bertindak untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang juga bisa menyebabka penyakit berbahaya seperti kanker dan juga penuaan dini.
Asam Folat
Manfaat kacang hijau berikutnya adalah mengandung asam folat yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil. Senyawa pada kacang-kacangan ini bisa membantu dalam mengembangkan sistem saraf dan juga membantu dalam menjaga atau menghindarkan masalah seperti cacat pada otak bayi. Oleh sebab itu mengonsumsi kacang hijau dapat disarankan pada ibu hamil sampai dengan menyusui untuk membantu dalam meningkatkan asam folat demi menghindari hal yang tak diinginkan.
Mengandung Karbohidrat dan Protein
Pada jenis kacang hijau ditemukan kandungan nutrisi seperti protein dan juga karbohidrat. Dengan kandungan protein tinggi membantu dalam menghindari resiko dari cacat pada bayi ketika lahir. Sedangkan untuk kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam kacang hijau juga membantu dalam memberikan kekuatan bagi ibu hamil agar tak mudah lelah.
Demikianlah tadi beberapa manfaat dari kacang hijau yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk manfaat lainnya seperti membantu dalam mencegah wasir, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, membantu dalam mencegah penyakit makula, dan banyak lagi.

Baca











No comments:

Post a Comment