Saturday, March 19, 2016

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Buah jeruk pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Buah yang memiliki ciri khas warna oranye ini mengandung banyak nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan tubuh. Dengan akan kandungannya tersebut membuat buah jeruk ini banyak dikonsumsi dan diambil manfaatnya. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C di dalamnya. Vitamin c merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa saja sebenarnya kandungan dari buah jeruk untuk kesehatan tubuh, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh
Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari buah jeruk, ada baiknya untuk Anda mengetahui apa saja sebenarnya kandungan buah jeruk. Di dalam 180 gram buah jeruk terkandung beberapa nutrisi sepert kalori, serat yang cukup tinggi, protein, termasuk juga vitamin C. Selain kandungannya tersebut buah jeruk ternyata juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti mineral, protein, lemak, vtamin, dan kandungan nutrisi lainnya. Untuk manfaatnya berikut ini.
Membantu dalam Menurunkan Resiko Stroke
Manfaat buah jeruk yang pertama adalah membantu dalam menurunkan resiko dari stroke. Penyakit stroke merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menyerag siapa saja. Berdasarkan American Heart Association, mengonsumsi buah jeruk dapat membantu dalam menurunkan resiko terkena stroke sampai dengan 19 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya.
Membantu dalam Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat jeruk yang berikutnya adalah membantu dalam menurunkan tekanan darah. Ini dikarenakan di dalam jeruk mengandung kandungan seperti nutrium. Kandungan seperti nutrium sangat penting dalam membantu menurunkan tekanan dalam darah. Nah untuk Anda yang memiliki riwayat dari tekanan darah tinggi maka Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah jeruk pada menu harian Anda.
Membantu dalam Mencegah Kanker
Berdasarkan studi dari American Journal of Epidemiology mengonsumsi buah jeruk, jus jeruk, atau pisang dapat membatu dalam menghindarkan resiko dari leukemia. Ini dikarenakan buah pisang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami di dalamnya. Antioksidan pada buah jeruk mampu membantu dalam memerangi radikal bebas yang bisa penyebabkan kanker. Selain dapat membantu dalam menurunkan atau mencegah resiko kanker, buah-buahan yang mengandung vitamin C juga baik untuk mempertahankan sistem imun pada tubuh.
Membantu dalam Mencegah Kerusakan pada Kulit
Manfaat buah jeruk yang selanjutnya adalah membantu dalam mencegah kerusakan pada kulit. Kandungan seperti vitamin C sebagai antioksidan ketika dimakan bisa membantu dalam melawan kerusakan pada kulit akibat dari polusi dan juga sinar matahari termasuk juga membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Ini dikarenakan vitamin C memainkan peran yang penting dalam proses pembentukan kolagen, sebagai sistem pendukung kesehatan pada kulit.
Membantu dalam Menjaga Sistem Imun Tubuh
Manfaat berikutnya adalah membantu daya tahan tubuh. Seperti pada poin nomor 3 di atas, buah jeruk juga memiliki manfaat dalam menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh. Ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C tinggi yang bisa memenuhi asupan sampai dengan 72 persen dari kebutuhan tubuh mendapatkan vitamin C. Untuk manfaat lain dari jeruk seperti membantu menjaga jantung, baik untuk ginjal, dan banyak lagi.
Demikianlah tadi pembahasan mengenai apa saja sebenarnya manfaat dari buah jeruk yang kaya akan vitamin C. Oleh sebab itu seharusnya kita mengonsumsi sumber makanan yang seimbang untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Baca










No comments:

Post a Comment